RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Fiqih
Satuan Pendidikan : MA
Kelas/ Semester : XI/ Genap
Hari/ Tanggal : Senen, juni 2010
Alokasi Waktu : 1x45 Menit
Pertemuan : 1 (Pertama)
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami ketentuan islam tentang jinayah dan hikmahnya
II. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mampumenjelaskan ketentuan hukum islam tentang qisos dan hikmahnya
III. INDIKATOR
1.1.1. Siswa mampu mengidentifikasikan tentang qisos
1.1.2. Siswa mampu menjelaskan macam-macam, dan hikmah qisos
1.1.3. Siswa mampu memberikan contoh tentang qisos
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pelajaran ini, siswa diharapkan mempunyai kompetensi tentang jinayah
V. MATERI PEMBELAJARAN
pemahaman tentang hukum qisos dalam islam
VI. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran: Ceramah dan Tanya jawab
Model pembelajaran: Pembelajaran langsung
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGITAN PEMBELAJARAN
NO | Strategi Pembelajaran | Waktu |
1 | Pendahuluan 1. Apersepsi Guru mengucapkan salam Guru melakukan absensi Guru melakukan apersepsi untuk membangkitakan semangat siswa Guru melakukan pree tes kepada siswa yakni mengaitkan materi yang telah diajarakan dengan materi yang akan dipelajari 2. motivasi Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai | 7 Menit |
2 | Kegiatan inti Guru memberikan contoh/ gambaran tentang qisos dengan metode cerita Guru menjelaskan pengertian, macam-macam dan manfaat/hikmah qisos Guru menjelaskan mengajak anak perfikir tentang qisos dan penerapannya dinegeri kita Guru memberikan contoh-contoh dalil yang berkaitan dengan qisos Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan | 30 Menit |
3 | Penutup Guru memberikan Tanya jawab tentang materi, apakah sudah paham atau belum Guru memberikan tugas kepada peserta didik tentang materi yang telah dijelaskan Guru memberi tahu kepada siswa tentang materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri pelajaran | 8Menit |
VIII. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber belajar : LKS, Buku penunjang
Media : White Board, Spidol dan Penghapus
IX. PENILAIAN
Jenis Evaluasi
| Teknik
| Bentuk Instrumen
| Soal
| Aspek
| Skor |
Tes | Tertulis | Subyektif Personal | 1. Jelaskan pengertian qisos ? 2. Sebutkan bentuk-bentuknya ? 3.Sebutkan manfaat/hikmah qisos ? | Kognitif | @ soal 20 |
Tes | Praktek | Subyektif Kelompok | 1. Ceritakan proses qisos dengan benar ! | Psikomotorik | @ Soal 30 |
Gresik, juni 2010
Mengetahui,
Dosen Pengampu Mahasiswa
Drs.Zainuri.M.Pd. arif setiawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar